Minggu, 26 Februari 2012

Orang Pinter Juga Butuh Etika


Nilai bagus, materi paham semua, ulangan bisa ngerjain semua. Perfect banget ya nggak buat hidup seorang pelajar. Siapa sih yang ga mau kaya gitu, sini yang biasa, aja kalo ada ulangan belajar mati2an supaya dapet nilai bagus. Lah situ yang kayanya sante2 malah yang dapet nilai paling tinggi. Bikin envy ga sih, huh.
             Emang sih semua orang iri sama kepinteran lo. Tapi maaf ya, kepinteran kalo nggak diimbangi sama etika dan sopan santun jadi ga ada untung dan gunanya. Anda pinter dalam bidang akademis. Tapi nilai anda 0 besar dalam sopan santun. Oh how poor are you.

            Pelajaran sopan santun mulai diterapkan oleh orang tua kita sendiri, otomatis di lingkungan keluarga. Jadi sedini mungkin sopan santun harus dterapkan kan.
            Ada salah satu anak dikelas (nama disembunyikan). Dia cowok. Jujur dia salah satu siswa berprestasi dikelas. Di cerdas, tapi satu hal yang bikin aku masih sangat sakit hati banget sama dia. Dia kalo ngomong ga pernah pake otak, asal keluar moncong. Kadang dia asyik, tapi lebih sering nyebelinnya. Hal yang bikin hatiku tertusuk tusuk sate aadalah saat dia ngehina atas fisikku. Sering sih dia bilang gitu, tapi pernah yang waktu itu entah kapan tepatnya aku lupa, dia bilang apa aku juga lupa tapi yang jelas hati serasa disayat pake siletnya Feni Rose. Dia juga sering ngatur-ngatur aku tahu nggak, masa dia udah jadi satu sama aku selama ya how about half year ini dia nggak bisa ngertiin sifatku sih.
(Cut sebentar pemirsah, ini sedikit ringkasan tentang diriku agar kalian paham)
            Namaku, halah kalian pasti udah familiar dengan aku apalagi namaku, siapa sih yang ga kenal aku :D. Oke, aku ini nih anaknya emang gila, entah kapan waktu yang tepat orang-orang harus membawaku ke Keramat untuk sekedar periksa. Ya awoh ga sebegitu parah ya pemirsah, mungkin memang aku gila tapi gila dalam artian gokil yaa, bukan sakit jiwa gitu. Aku jujur, kalo aku ngomong aku ga bisa pelan, jadi hati-hati aja kalo pengen ngomongin orang sama aku soalnya mungkin orang yang lagi diomongin bisa denger pembicaraan kita atas volume suaraku yang sekitar 500 desible, hahah.
            Next, aku ga bisa nutup-nutupin hal yang aku gak suka sama orang. Aku to he point aja sama orang lain itu, jadi mungkin udah banyak orang yang sakit hati sama aku. Tapi kan suka pada update status “kalo berani ngomong didepan jangan ngomong dibelakang gitu” ya udah aku terapkan aja hukum status dan tweet itu.
            Jadi udah hampir setahun juga kita sama-sama masa ga paham juga sih sama aku, hey. Disini yang mau gue bahas bukan soal prestasi lo, serasa prestasi lo tuh ga ada gunanya atas apa yang udah lo perbuat.
            Gini ya, sindiran ini gue tulis juga karena gue udah sakit hati. Kalo engga, ga mungkin gue publikasiin aib temen gue sendiri. Sorry sebelumnya, ini juga salah lo sendiri.
            Gue cuma mau negesin, kalo lo mau ngejar cita-cita lo, yang lo butuhin bukan cuma ilmu otak, ilmu jiwa juga. Peka dong lo sama sekitar, lo hidup didunia ga cuma sendiri, sekitar lo banyak orang. Jaga perasaan mereka. Pake sopan santun lo, pake otak lo sebelum ngomong. Ga cuma bacot yang lo gede-gedein. Gue juga pasti bakal doain lo kalo lo emang mau masuk IPA, yang notabene lebih pinter lo daripada gue (cita-cita gue di IPS pemirsah).
            Jadi mumpung belom terlambat, perbaiki sikap lo. Mungkin kalo lo masih punya hati, gue masih mau maafin lo jika misalnya lo mau minta maaf sama gue suatu saat nanti.

            Ya doa ague selalu yang baik-baik aja buat temen-temen. Gue doain lo jadi masuk IPA, bisa tambah pinter. TAPI INGET SATU HAL, PAKE SOPAN SANTUN LO. JANGAN MALU-MALUIN DIRI LO SENDIRI DIDEPAN GURU ATAS KELAKUAN LO YANG NOL ITU! CAMKAN ITU BAIK-BAIK BEROOO!
            Sekian aja pesan gue buat lo, gue ga mau nambah-nambah dos ague cuma buat ngomongin orang yang ga penting dang a bakal ada pengaruhnya apa-apa buat gue. Jadi cukup buat gue, mungkin saat ii kuping lo lagi kebakar gara-gara gue omongin, tapi atas terbakarnya kuping lo ini lo bisa sadar dan jadi orang yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar